Pengertian Microsoft Excel dan Fungsinya

Microsoft Excel adalah Program Pengolah Angka


Tips mudah cari data yang sama dari dua tabel di MS Excel | Techno.id

Pengertian Microsoft Excel adalah sebuah program atau aplikasi yang merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office, berfungsi untuk mengolah angka menggunakan spreadsheet yang terdiri dari baris dan kolom untuk mengeksekusi perintah. Microsoft Excel telah menjadi software pengolah data / angka terbaik di dunia, selain itu Microsoft Excel telah didistribusikan secara multi-platform. Microsoft Excel tidak hanya tersedia dalam platform Windows, Microsoft Excel juga tersedia di MacOS, Android dan Apple.
Microsoft Excel secara fundamental menggunakan spreadsheet untuk manajemen data serta melakukan fungsi-fungsi Excel yang lebih dikenal dengan formula Excel. Excel merupakan program spreadsheet elektronik. Spreadsheet adalah kumpulan dari Sel yang terdiri atas baris dan kolom tempat anda memasukkan angka pada Microsoft Excel. Jumlah Sel Microsoft Excel 2016 terdiri dari 1.048.576 Baris dan 16.384 Kolom atau 17.179.869.184 Sel.
Sebagai program pengolah angka terpopuler Microsoft Excel mempunyai banyak kelebihan dan beberapa kekurangan untuk penggunaan tertentu.
Kelebihan Microsoft Excel
  1. User interface yang mudah untuk dipahami.
  2. Kompatibilitas dengan berbagai platform/sistem operasi.
  3. Mudah dipelajari untuk pengguna pemula.
  4. Tersedia lisensi dalam versi grosir.
  5. Mempunyai ekstensi (.xls) terpopuler untuk software spreadsheet.
  6. Dapat membaca ekstensi standar spreadsheet (.csv).
  7. Fitur pivot untuk mempermudah manajemen data.
  8. Spreadsheet yang besar, dapat digunakan sebagai alternatif SQL untuk penggunaan sederhana.
  9. Resource RAM dan memory kecil dibanding program sejenis.
  10. Digunakan oleh berbagai industri, instansi dan pekerjaan.
  11. Mendukung Visual Basic
  12. Menyediakan fitur Research Pane untuk mempermudah mencari referensi analisis data dengan Microsoft Excel menurut para ahli terkait topik yang diteliti.
    Kekurangan Microsoft Excel
  13. Akses fungsi tertentu seperti fungsi statistik terbatas.
  14. Jumlah sel terbatas.
  15. Add-ins untuk disiplin ilmu tertentu seperti neural network, fuzzy logic tidak powerfull dibandingkan software sejenis contoh: MATLAB dan SAS .
Fungsi Microsoft Excel
Microsoft Excel digunakan di berbagai bidang pekerjaan, baik usaha kecil maupun perusahaan berskala internasional. Adapun beberapa fungsi dan kegunaan Microsoft Excel adalah sebagai berikut
• Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisis, meringkas, dan memformat data serta grafik.
• Membuat catatan keuangan dan anggaran keuangan.
• Menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris, dll.
• Melakukan analisis dan riset harga.
• Melakukan perhitungan statistika.
• Membantu berbagai sektor bisnis untuk mempermudah melakukan laporan keuangan.
• Membuat daftar nilai sekolah maupun universitas.
• Konversi mata uang.
• Membuat grafik persamaan matematika.
• Membuat program Excel dengan Visual Basic.
• Melakukan penelitian dengan berbagai metode penelitian.
• Sarana pembelajaran komputer dan logika.
• Dan lain-lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Membuat Cover di Ms. Excel

Rumus-rumus EXcel

Cara mengatur Print File Excel agar Tidak Terpotong